Cara Investasi Untuk Masa Depan Anda dan Keluarga

cara investasi

TIPdownload mp3S: Anda bisa membaca artikel cara investasi ini sambil mendengarkan kami membacakannya untuk Anda agar Anda memperoleh manfaat pembelajaran yang maksimal. Gunakan MP3 player di bawah ini :

 

Investasi artinya menyimpan uang dalam jangka waktu tertentu dengan HARAPAN mendapatkan keuntungan di masa mendatang. Dengan berinvestasi, Anda berkomitmen untuk menunda konsumsi sementara waktu dan akan melakukan konsumsi dalam jumlah yang lebih besar di masa yang akan datang dari hasil keuntungan investasi Anda.

Mengapa Anda harus berinvestasi ? Jawabannya dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini.

Nilai 1 juta Rupiah saat ini lebih berarti dari nilai 1 juta Rupiah pada waktu yang akan datang. Hal ini disebabkan karena faktor inflasi.  Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang inflasi :

Inflasi –> meningkatnya harga barang dan jasa secara umum dalam sebuah ekonomi suatu negara dari waktu ke waktu.

Penyebab inflasi –> excessive liquidity (kelebihan likuiditas uang di pasar) atau kurangnya produksi & distribusi barang dan jasa yang menimbulkan kelangkaan di suatu daerah.

Akibat inflasi –> Berkurangnya puchasing power of money (daya beli uang). Kenaikan harga barang dan jasa menyebabkan jumlah barang/jasa yang dapat dibeli dengan nominal uang yang sama, berkurang dari waktu ke waktu.

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya, instrumen investasi apa yang paling baik di dunia. Anda dapat membaca lebih lengkap mengenai jenis-jenis instrumen investasi pada eBook dan Audio MP3 “Dua Rahasia Perencanaan Keuangan Menuju Kebebasan Finansial” yang dapat Anda download di bagian kanan blog Portal Keuangan dengan memasukkan nama, email, dan kota domisili Anda.

Sebenarnya, instrumen investasi apapun memiliki kelebihan dan kekurangan. Beberapa orang mungkin mengatakan bahwa properti adalah instrumen investasi yang terbaik karena kita mendapatkan aset fisik dan juga dapat disewakan untuk menghasilkan arus kas bulanan.

Akan tetapi, properti memiliki likuiditas yang sangat rendah. Misalnya Anda memiliki rumah senilai 1 milyar rupiah. Anggap saja, tahun depan anak Anda harus sekolah dan Anda butuh uang sebesar 50 juta rupiah. Tentunya Anda tidak dapat menjual rumah Anda secara sebagian, misalnya pintunya saja atau garasinya saja. Hal ini menunjukkan sifat properti yang tidak likuid.

Untuk itu, apabila Anda memahami konsep perencanaan keuangan, Anda wajib membagi kebutuhan Anda menjadi 3 yaitu kebutuhan jangka pendek, menengah, dan panjang, baru kemudian menentukan jenis instrumen apa yang akan digunakan.

Berikut adalah contoh bagaimana saya menghitung perkiraan kebutuhan dana pendidikan untuk anak yang merupakan kebutuhan jangka panjang. Saya ambil contoh untuk kuliah di SBM ITB (Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB) Bandung. Data adalah data tahun 2012-2013. Berikut ini adalah rincian biaya pendidikan di SBM ITB :

Saya berasumsi bahwa dana pendidikan ini akan dibutuhkan kira-kira 22 tahun dari sekarang saat anak tersebut bersiap untuk memasuki kuliah. Inflasi pendidikan yang saya gunakan adalah 20 %.

Dari hasil di atas, dapat Anda lihat bahwa biaya saat ini sebesar 200 juta rupiah akan menjadi sekitar 15 milyar dalam jangka waktu 22 tahun dari sekarang. Nilai tersebut adalah kenyataan yang harus Anda hadapi. Jumlah tersebut sangatlah besar dan apabila Anda tidak menyiapkannya dari sekarang, tentunya Anda akan kebingungan ketika waktunya tiba, apalagi jika Anda bercita-cita untuk menyekolahkan anak Anda di luar negeri, tentunya membutuhkan biaya yang lebih besar dari itu. Jadi, investasi adalah proses jangka panjang yang WAJIB Anda lakukan. Jangan sampai menyesal di kemudian hari.

Untuk kebutuhan dengan jangka waktu panjang (>5 tahun) seperti yang telah saya ilustrasikan di atas, Anda dapat menggunakan instrumen investasi jangka panjang seperti reksadana saham dan juga saham. Anda dapat mempelajari langkah-langkah berinvestasi saham dengan klik di sini.

Anda juga memiliki alternatif untuk berinvestasi melalui properti apabila Anda ingin menambah jumlah aset Anda serta tambahan arus kas dari hasil sewa properti. Akan tetapi, Anda wajib mempelajari seluk beluk investasi properti. Anda bisa memperoleh paket pembelajaran properti yang sangat saya rekomendasikan dengan klik di sini.

Jadi, setelah membaca banyak sekali artikel dalam blog PortalKeuangan.com, sudahkah Anda menyadari bahwa perencanaan keuangan adalah sebuah proses menyeluruh yang wajib Anda lakukan dalam kehidupan keuangan Anda ?

Sadarkah Anda bahwa waktu akan terus berlalu dan Anda akan selalu dihadapkan oleh keputusan-keputusan yang berkaitan dengan kehidupan finansial Anda. Jika Anda tidak siap dari sekarang, jangan menyesal jika di masa depan Anda tidak dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan Anda. Untuk itu, rencanakanlah keuangan Anda SEKARANG JUGA! If you fail to plan, then you plan to fail!

Jika Anda ingin aman secara finansial, sudah menjadi tugas Anda untuk terus meningkatkan financial IQ Anda.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat,  Jangan lupa berikan komentar positif Anda di kotak komentar yang telah disediakan!

Download GRATIS Audio MP3 & eBook

"2 Rahasia Perencanaan Keuangan Menuju Kebebasan Finansial!"

Data Anda aman dan tidak akan disebarluaskan!