About

Alumferdieni SMA Kolese Kanisius Jakarta dengan predikat magna cum laude, lulus dari jurusan Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan predikat cum laude, kemudian dilanjutkan dengan program 高级商务汉语 (Advanced Mandarin for Business) di 上海师范大学 (Shanghai Normal University, China) dan mendapatkan beasiswa 外国留学生“优秀学生” (foreign student scholarship) selama 3 semester berturut-turut di universitas yang sama.

Pada tahun 2010, pernah menulis buku best seller bertema investasi praktis terbitan Gramedia Pustaka Utama berjudul Investor Sibuk yang merupakan kristalisasi dari pengalamannya berinvestasi di pasar saham semasa kuliah. Sekitar 4000 kopi terjual dalam waktu kurang dari 6 bulan. Saat ini telah mencapai cetakan ke-3 dan telah terjual sekitar 7000 kopi.

Beberapa publikasi mengenai Ferdie, dapat dilihat di sini :

Ferdie memiliki pengalaman kerja di bidang management consulting, investment management, dan risk management. Telah mengikuti berbagai pelatihan seputar investasi, pasar modal, perencanaan keuangan, bisnis, internet marketing, dan topik-topik lainnya baik yang berskala lokal maupun berskala internasional. Telah menerapkan perencanaan keuangan dalam kehidupan finansialnya di usia yang terbilang masih sangat muda dan merupakan investor pasar modal sejak tahun 2007 di mana saat itu perkembangan industri perencanaan keuangan dan pasar modal masih belum sepesat sekarang.

Ferdie memiliki hobi membaca dan hingga hari ini telah membaca ratusan buku dengan topik-topik mengenai bisnis, investasi, perencanaan keuangan, marketing, dan pengembangan diri. Aktif menjadi pembicara dan merupakan anggota aktif di beberapa komunitas pasar modal di Indonesia.

Ketertarikannya di dunia pasar modal dan perencanaan keuangan dimulai dari pengalamannya sebagai Vice President di Kelompok Studi Ekonomi dan Pasar Modal ITB semasa kuliah. Saat itu, kelompok Unit Kegiatan Mahasiswa ini seringkali mengadakan acara-acara seputar pasar modal dan membuat Ferdie tertarik dengan dunia ini.

Di samping itu, ia mengamati bahwa banyak orang memiliki permasalahan yang sama dalam kehidupan keuangannya. Biasanya, semakin tinggi penghasilan, semakin tinggi pula pengeluarannya. Buktinya, mayoritas orang dalam berbagai posisi jabatan di perusahaan selalu mengeluhkan penghasilannya yang tidak pernah cukup meskipun mengalami peningkatan dari waktu ke waktu, tidak peduli di level manapun.

Ferdie mengamati, mayoritas orang cenderung bersusah payah mendapatkan pemasukan, tetapi sedikit sekali orang yang peduli terhadap pengembangan (growth) dan perlindungan (risk management) dari pemasukan yang telah didapatkannya dengan susah payah.

Fenomena menarik inilah yang mendasari ketertarikan Ferdie di dunia pasar modal dan perencanaan keuangan hingga akhirnya memutuskan untuk banting setir ke industri ini karena merasakan passion yang sangat mendalam di sini. Latar belakang pendidikannya di bidang teknik juga semakin menajamkan pemikiran-pemikiran serta analisanya.

Kesibukannya saat ini adalah seorang multiprofesi sebagai praktisi pasar modal dan perencana keuangan, blogger & internet marketer, penulis, entrepreneur, dan juga profesional di salah satu perusahaan multinasional di Indonesia.

Ferdie selalu percaya bahwa “Investment in knowledge always pays the best interest”. Mayoritas orang cenderung tidak menginvestasikan uangnya terlebih dahulu untuk belajar bagaimana caranya berinvestasi melainkan langsung menginvestasikan uangnya ke sebuah instrumen investasi. Tidak heran, banyak orang yang akhirnya mengalami kekecewaan atas hasil investasinya. Menurutnya, investasi pada ilmu pengetahuan akan memberikan imbal hasil yang paling besar (Investment in knowledge always pays the best interest).

Di samping itu, mayoritas orang cenderung langsung berinvestasi tetapi belum paham konsep perencanaan keuangan. Akibatnya, banyak sekali orang yang pada akhirnya mendapatkan kekecewaan dari investasinya.

Ferdie mengamati, saat ini banyak sekali terjadi misselling produk-produk keuangan. Ia mengamati beberapa agen di institusi-institusi finansial seperti perbankan, asuransi, pasar modal, maupun pasar berjangka kurang menempatkan kepentingan klien di atas kepentingan pribadi. Ia menjumpai banyak sekali orang-orang yang kurang bertanggung jawab dalam memasarkan produk-produk keuangan yang pada akhirnya menimbulkan kekecewaan nasabah.

Blog PortalKeuangan.com ini dibuat untuk menyalurkan hobi menulisnya dan membagikan pengalamannya selama ini kepada masyarakat luas. Harapannya, pembaca blog PortalKeuangan.com dapat meningkatkan kecerdasan finansialnya sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat dalam menghadapi permasalahan-permasalahan finansialnya.

Financial freedom is not a myth.
I will show you how to get there the right way.
PortalKeuangan